Sabtu, 19 Oktober 2013

Menjadikan Pribadi yang Berkualitas

      Rasanya kalau ingin berbagi tips yang satu ini takut ada yang tidak setuju dengan hasil pemikiran saya. Tapi, tdak apa-apa mungkin yang tidak stuju dapat mengomentari dan akan saya jadikan modal tambahan ilmu mengenai hal ini.
     " Dari mata turun kehati " kata yang cocok untuk menggambarkan pandangan anda ke orang lain. Siapa yang tidak kenal BOB SADINO pengusaha sukses di Indonesia dengan gayanya memakai topi koboi dan celana pendek kemanapun dia pergi. Mungkin, ini menjadi hal yang aneh kalau diterapkan pada diri anda. Pada suatu seminar di Jakarta Pusat dan kebetulan saya diajak sama teman saya untuk menjadi audiensnya. sebelum acara dimulai betapa kagumnya saya pada orang-orang yang didepan panggung, mereka semuanya menggunakan jas dan berpakaian rapi. Ternyata mereka adalah orang-orang yang sukses dalam bidangnya masing-masing yang siap berbagi tips untuk mnjadi orang sukses.

     Menjadikan diri yang berkualitas nampaknya sulit untuk kita jalani. Perlu saya tekankan pada diri anda "tidak ada yang sulit dan tidak mungkin didunia ini selama kita berusaha untuk mendapatkanya". Sebelum anda menjadi orang besar jadilah orang kecil dulu, sebelum anda kaya jadilah orang miskin dulu, dan sebelum anda kenyang laparlah terlebih dahulu. Ada 4 cara untuk Menjadikan diri yang berkualitas, yaitu :

1. Tatalah Penampilan anda
     Dengan berkembangnya zaman, anda dituntut untuk selalu berpenampilan yang sebaik mungkin dihadapan teman, sahabat, partner kerja, pimpinan anda. Setiap orang mempunyai cara berpenampilan yang berbeda-beda, tapi perlu anda ketahui bagaimanapun cara anda menatata penampilan yang perlu anda tekankan adalah kerapian, dan kecocokan pakaian yang anda kenakan. Banyak orang yang mengatakan "penampilan tidak terlalu penting, yang penting adalah cara kerja kita dan sikap kita ke orang lain" tidak ada yang salah dengan kata itu. Sadarkah anda bahwa Penampilan merupakan aset terbesar bagi anda untuk bisa menjadikan karir anda melonjak.
     Kalau kita berbelanja ke mall banyak kita lihat SPG dan SPB yang kita jumpai. Apakah mereka berpenampilan biasa saja. tidak, mereka berusaha menampilkan penampilan yang terbaiknya  agar kita dapat berbelanja ditempat mereka. Sebuah keuntungan bagi mereka jika kita berbelanja ditempat mereka.
Kesimpulan : Jagalah penampilan anda dimanapun anda berada, karena itu aset kita untuk menuju kesukses yang lebih besar

2. Tatalah Cara Bicara dan Menjadilah Pendengar yang Baik
     Anda mungkin sudah mengerti cara bicara yang baik dan tidak membuat orang lain sakit hati. Pada setiap kali anda bicara dengan orang lain posisikan diri anda sebagai pendengar yang baik. Sehingga orang lain merasa nyaman saat bicara dengan anda. Dalam kasus pertengkaran antara sahabat dan teman terletak pada cara bicara yang tidak terkontrol sehingga orang yang diajak bicara merasa tersinggung dan sakit hati.
      Modal untuk menjadikan sukses adalah dengan belajar bagaimana berbicara dengan baik kesemua orang dan menjadi pendengar yang baik. Terkadang anda tidak menyadari betapa pentingnya belajar berbicara yang baik dan menjadi pendengar yang baik. Jangan salahkan Pimpinan anda jika anda diberhentikan untuk kerja kalau anda tidak bisa menata cara bicara dan menjadi pendengar yang baik.
Kesimpulan : Modal untuk menjadikan sukses adalah dengan belajar bagaimana berbicara dengan baik kesemua orang dan menjadi pendengar yang baik.

3. Berfikirlah disetiap Tindakan
     Tanyakanlah apabila tidak mengerti tentang apa yang akan anda dilakukan. "Lebih baik menjadi orang yang tidak mengerti dari pada menjadi oranng yang sok ngerti" begitulah cara guru saya  mengajari saya waktu sekolah. Membuat orang lain, Pimpinan, Parnert kerja, Teman bisa percaya dengan anda tergantung cara anda bertindak., secepat apa anda bertindak, sebaik apa anda bertindak.
       Kesalahan dalam tindakan mungkin hal yang wajar anda dapatkan. tapi jangan lakukan kesalahan berulang-ulang kali. Orang sukses menjadikan kesalahan sebagai modal untuk melangkah menjadi yang lebih baik bukan menjadikan kesalahan sebagai penghalang. Berfikirlah disetiap Tindakan akan menjadikan persentase kesalahan yang anda terima sangat rendah.
Kesimpulan : Lebih baik menjadi orang yang tidak mengerti dari pada menjadi oranng yang sok ngerti.

4.  Ketulusan
     Dalam buku yang berjudul BOOSTING YOUR PROFIT karya Nyoman Sukadana beberapa contoh magic word yang dapat menyentuh sisi emosional orang lain adalah Maaf....., Silakan....., terimaksih.... Setiap orang membutuhkan ketulusan untuk mendapatkan kenyaman dengan anda. Sentuh sisi emosionalnya dengan ketulusan dan menganggap teman, shabat, pimpinan layaknya seorang kekasih yang rentan sekali apabila anda tidak memperhatikannya.
       Apapun pekerjaan anda apapun profisi anda, tidak akan menjadikan anda sukses kalau anda melakukanya dengan terpaksa. Jangan pernah mengharapkan imbalan yang cukup besar kalau anda tidak mau memberikan yang besar kepada orang lain. Semakin anda tulus melakukan sesuatu baik pekerjaan ataupun sekolah anda. Maka anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa.
Kesimpulan : Jangan pernah mengharapkan imbalan yang cukup besar kalau anda tidak mau memberikan yang besar kepada orang lain.

       Tidak ada cerita dengan membaca kita dapat berubah dengan sendirinya tanpa tindakan. Catatan yang saya bagi kalai ini semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman. dan selamat menuai kesuksesan yang luar biasa.